Review kecepatan First Media di Malang

Satu-dua minggu ini saya banyak melihat promosi First Media di Malang yang cukup intens di sosial media. Setelah melihat cakupan jaringan yang bisa dipasang, ternyata Sawojajar 1 masuk. Sudah ada niat untuk pasang dan coba-coba, tapi ternyata setelah dihitung-hitung, mereka juga memasang harga sewa alatnya, jatuhnya jadi mahal.

Untuk sekadar informasi, saya juga telah memasang Speedy 5mbps (saat memasang belum masuk Fiber optic, entah saat tulisan ini ditulis). Karena kebutuhan kerja yang memaksa saya untuk lebih sering mengunggah aplikasi yg saya buat untuk dites, dan kebetulan kecepatan unggah Speedy cukup mengecewakan.

Tepatnya hari Jumat kemarin (27 Nov 2015), seseorang dari First Media menawarkan untuk memasang First Media. Beliau berani jamin kalau saya bisa dapat kecepatan unggah 1 Mb perdetik. Dengan jaminan itu, saya akhirnya terseret untuk mau memasang.

Setelah pemasangan, cukup kecewa karena kecepatan Unduh yang saya dapat hanya 1,8 Mbps. Jangan ditanya kecepatan unggahnya. Berikut bukti yang sempat saya catat:

firstmedia-malang

Setelah saya konfirmasi, kata mereka kecepatan ini hanya sementara, dan saya bisa menikmati kecepatan sebenarnya keesokan harinya.

Dan bisa ditebak, hari Sabtu (28 Nov 2015) kecepatan tidak berubah. Setelah hari Minggu, kecepatan berubah ke yang sebenarnya. Kecepatan unduh yang saya dapat melebihi 4 Mbps yang mereka janjikan, tapi kecepatan unggah tidak ada perubahan berarti.

First Media Malang

Dengan kecepatan di atas, saya masih penasaran dengan jaminan 1 Mb perdetik yang sudah dijanjikan sebelumnya. Tapi sepertinya saya gak akan pernah saya dapatkan. Saya juga cukup curiga dengan kecepatan unduh yang lebih dari 4 Mbps di atas, karena untuk streaming lagu dari Apple Music saja tersendat-sendat.

Kesimpulan saya, First Media ini bukan pilihan tepat untuk saya. Jika kontrak habis (kira-kira 5 bulan, menurut seseorang dari First Media), akan saya putus.

3 thoughts on “Review kecepatan First Media di Malang”

  1. Halo mas, perlu diketahui bahwa MBps dan Mbps itu berbeda. 1MBps = 8Mbps. Dimana MBps adalah Mega Byte per sec dan Mbps ada Mega bit persec. 1MB = 8Mb

Comments are closed.