Jalan-jalan di Korea 2: Dari Incheon ke Myeongdong

Tulisan ini adalah terusan dari tulisan bagian pertama. Jika Anda belum membaca tulisan awal, klik di sini untuk mulai membaca, atau klik di sini untuk melihat daftar tulisan tentang Korea.

Foto Oct 01, 0 21 40

Sampai di Airport Incheon

Saya cukup takjub dengan Incheon, ini adalah Airport terbagus yang pernah saya datangi. Bahkan Dubai pun tidak sebagus Incheon. Semua serba bersih dan enak dilihat. Untuk Anda ketahui, ada beberapa hal yang mesti Anda lakukan setelah atau sebelum sampai di Airport Incheon yang saya berharap ada yang memberitahu saya sebelumnya.

  1. Sewa Internet selama di Korea
    Jaman sekarang kayaknya wajib punya Internet selama berkeliling di Korea. Dengan begini Anda akan punya koneksi untuk terus mengupload gambar-gambar yang Anda tangkap ke sosial media seperti Twitter, Path, Instagram atau Facebook.Untuk menyewa koneksi Internet, Anda diharuskan untuk memesan terlebih dahulu lewat situs resmi Olleh (operator telekom di Korea Selatan). Perangkat yang Anda pilih adalah Olleh 4G WiBro. Mereka menyebutnya dengan sebutan Egg Router. Dengan perangkat ini Anda akan mempunyai koneksi Wifi kemanapun Anda berada selama baterenya masih ada.
  2. Beli T-Money untuk perorang!
    Ini sangat penting, T-money itu seperti kartu prabayar Anda untuk sendiri-sendiri. Tadinya saya berfikir bahwa nantinya saya bisa menggunakan kartu ini untuk berdua dengan Istri. Dan ternyata saya salah besar.T-Money adalah sebuah dompet virtual Anda yang berguna untuk jalan-jalan naek bis atau naek Subway. Cara menggunakannya nanti Anda juga bisa sendiri tanpa dikasih tau, walaupun tidak tau Hangul. Tapi perlu Anda ketahui, Anda hanya bisa masuk dan keluar di stasiun berbeda. Dalam kasus saya kemarin, ketika masuk saya kesulitan membawa serta koper yang cukup besar, sehingga saya harus membeli T-money lagi untuk masuk di tempat berbeda dimana saya bisa masuk dengan koper besar.Sebagai permulaan, isilah T-Money Anda dengan 10.000 Won. Oh iya, harga T-Money di Airport adalah 3000 Won, sedangkan di terminal-terminal subway saya bisa membelinya dengan 2500 Won. Entah apa bedanya.
  3. Sim Card
    Saya pikir SIM Card versi Korea tidak terlalu dibutuhkan. Selain harganya cukup mahal, yaitu 30.000 Won, SIM Card-nya sendiri tidak bekerja di iPhone saya. Hahaha. Entah kenapa.
  4. Peta Subway
    Pastikan sebelum berangkat ke Korea Anda punya peta subway. Jika mempunyai iPhone, Anda bisa mencari di App Store.
  5. Exit Number tempat penginapan
    Pastikan juga Anda tahu nomor keluar untuk menuju tempat penginapan Anda, untuk menghemat energi Anda karena butuh menenteng koper dari bawah ke atas naik tangga.

Dari Airport ke Myeongdong

Ada 3 pilihan dari Airport ke Myeongdong. Naik taksi, naik bis, atau naik kereta. Untuk naik taksi tentu saja mahal. Untuk naik bis, Anda mungkin belum tau turun dimana. Pilihan yang paling relevan untuk orang yang baru pertama kali ke Korea mungkin naik kereta.

Untuk naek kereta ada 2 pilihan, Ekspress dan normal. Bedanya hanya dari waktu dan tempat. Naek Ekspress biasanya kosong dan Anda bisa duduk dimana saja, dan kereta tidak akan berhenti kecuali di stasiun Seoul (stasiun terakhir kereta ekspress). Sedangkan kereta normal, Anda akan bercampur baur dengan orang-orang korea, dan mungkin tidak akan dapat tempat duduk.

Harga kereta ekspress waktu saya pergi adalah 8000 Won. Entah dengan kereta biasa. Dari harganya cukup layak, karena suasananya enak.

Untuk naik kereta dari Airport, Anda cukup mengikuti papan petunjuk Airport Railway, dan berjalan sekitar 7-10 menit. Untuk membeli tiket, ada mesin canggih yang bisa mengembalikan pecahan uang Anda (setelah beberapa hari, saya baru tahu semua mesin pembayaran di Korea bisa mengembalikan pecahan uang Anda).

Setelah membayar, Anda akan mendapatkan kartu yang nantinya cukup ditempelkan di mesin masuk seperti Busway di Jakarta. Nantinya ada pemeriksaan saat di dalam kereta, dan Anda cukup menunjukkan kartunya saja.

Dari stasiun Seoul, ikuti Line nomor 4 berwarna biru laut. Jalannya agak jauh sekitar 10-15 menit. Oh iya, untuk keluar dari stasiun AREX (nama kereta ekspress), Anda harus memasukkan kartu ke mesin, bukan menyentuhkannya ke mesin.

Setelah berada di stasiun Seoul, keluarkan kartu T-Money Anda, dan sentuhkan kartu ke mesin. Setelah masuk, insting Anda akan tahu sendiri bagaimana cara menggunakan Subway.

Selamat jalan-jalan!

Selanjutnya: Rincian biaya perjalanan ke Korea

5 thoughts on “Jalan-jalan di Korea 2: Dari Incheon ke Myeongdong”

  1. halo mas .. nyasar ke sini waktu lagi browsing2 trip korea :)
    rencananya minggu depan saya mau ke korea, mau tanya soal wifi router. yg olleh (egg router) itu bisa dipake oleh berapa orang ya? trus ada kuota berapa MB/GB gitu gak ya? terima kasih sebelumnya.

    1. Maaf baru dijawab. Semoga berguna untuk yg mau ke Korea juga. Olleh router bisa dipakai mungkin 5-10 koneksi. Kuota gak ada. Semuanya unlimited.

    1. Wah, kalo bulanan mungkin harus penduduk yang terdaftar di sana. Saya gak ngerti. Coba tanya temen2 di korea. Masa sebulan gak dapet temen orang korea. Hehehe.

      1. Ok sip…

        Soalnya saya akhir Maret tahun depan bakal ke sana selama 3 bulan Mas… dan kemungkinan besar pada saat mobile butuh akses Internet…

Comments are closed.