Jalan-jalan di Korea 3 – Total biaya perjalanan

Tulisan ini adalah terusan dari tulisan bagian pertama. Jika Anda belum membaca tulisan awal, klik di sini untuk mulai membaca, atau klik di sini untuk melihat daftar tulisan tentang Korea.

Kali ini saya akan menulis rincian biaya untuk pergi ke Korea. Dengan rincian biaya ini, kemungkinan bisa dikira-kira berapa harus ditabung setiap bulan sampai bisa jalan-jalan ke Korea paling tidak 4 hari sampai seminggu di sana.

Pada saat tulisan ini ditulis, kurs Korea Won ke rupiah adalah 10 lebih dikit. Jadi jika 10 ribu won artinya 100 ribu rupiah. Dan seterusnya.

Kompenen perhitungan

Untuk mulai menghitung, mari kita klasifikasikan biayanya berdasarkan beberapa kategori. Berikut beberapa kategori yang saya pikir sudah cukup mewakili. Jika kemudian ada beberapa hal yang ketinggalan, mohon diberitahu.

  1. Biaya Visa
  2. Biaya penginapan
  3. Tiket pesawat
  4. Makan
  5. Transportasi
  6. Belanja
  7. Oleh-oleh
  8. Biaya lain-lain

Dari daftar di atas, akan saya bahas satu-satu. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda yang punya rencana ke Korea.

1. Biaya Visa

Pada saat tulisan ini ditulis, biaya pengurusan visa adalah 350 ribu rupiah. Saya tidak ikut menghitung biaya paspor atau fotokopi.

2. Biaya penginapan

Untuk mencari tempat penginapan, ada beberapa hal penting yang harus Anda tahu sebelum sampai di Korea. Lokasi, dan tempat keluar (exit number) dari stasiun subway. Kalau bisa, carilah tempat menginap yang dekat dengan stasiun subway. Paling tidak, jalan kaki 5-10 menit dari stasiun subway sudah terhitung agak jauh. Lebih dari itu tidak saya rekomendasikan.

Kenapa? karena Anda akan membawa koper dari dan ke Airport. Jika Anda naik subway, butuh tenaga untuk bisa sampai di jalan, karena kemungkinan besar Anda akan menaiki tangga 3 kali (karena ada 3 lantai di bawah tanah), 2 diantaranya ada elevator, sedangkan yang terakhir tidak.

Tempat menginap yang saya rekomendasikan adalah daerah Myeongdong. Karena lokasi Anda akan dekat dengan pusat belanja yang sangat ramai di malam hari.

Kembali ke biaya, saya menginap di Good Stay Nana Residence, dengan total biaya selama 4 malam 5 hari adalah sekitar 3 juta rupiah.

3. Tiket Pesawat

Pesawat paling murah sampai saat tulisan ini ditulis adalah Air Asia. Biaya pesawat ketika saya ke Korea adalah 5,5 juta perorang. Mungkin saya sedang sial, karena beberapa teman bilang mereka bisa dapat sekitar 3 juta rupiah.

Sedangkan waktu itu pesawat Garuda bisa berkisar 8 – 10 juta perorang. Jadi pilihan paling ekonomis tentu saja dengan Air Asia.

Beberapa hal yang perlu diketahui sebelum berangkat, Air Asia akan transit di bandara yang sangat kecil di ujung Kuala Lumpur. Hanya ada 2 lantai, di lantai 2 AC seperti tidak ada dan koneksi internet bisa dibilang sekarat.

Saran saya, carilah tiket pesawat yang waktu transitnya seminimal mungkin. Karena bandara tempat transit ini nggak banget.

4. Makan

Untuk ukuran saya yang sangat pemilih soal makanan, lapar adalah hal yang tidak saya sukai ketika di Korea. Karena saya muslim, agak sulit memilih makanan di Korea. Apalagi untuk ukuran saya yang tidak suka macam-macam.

Yang jelas halal adalah makanan laut. Rata-rata makan makanan laut untuk 2 orang di daerah Myeongdong adalah 30.000 Won (300 ribu). Ayam goreng untuk 2 orang 15.000 Won (150 ribu). Makanan di pinggir jalan berkisar 5 ribu – 15 ribu won.

Jika ditarik rata-rata sekali makan adalah 40 ribu won, dan Anda makan 2 kali sehari (sarapan ditanggung hotel), maka 80.000 won perhari. Mahal? iya memang. Tapi biaya ini bisa berkurang jika Anda hanya makan Indomie di sana. Hahaha.

5. Transportasi

Transportasi massal di korea bisa dibilang murah. Jangan lupa, sampai di bandara Anda perlu membeli T-Money dengan harga 3 ribu won, dan mengisinya paling tidak 15 ribu won untuk 5 hari.

Kemudian naik kereta ekspress sebesar 8 ribu won. Untuk biaya kembali ke bandara naik bis (nanti saya akan ceritakan bagaimana) adalah 10 ribu won.

Jika ditotal dalam seminggu, 3 ribu + 15 ribu + 8 ribu + 10 ribu, total biaya transportasi adalah 36 ribu won (360 ribu rupiah).

6. Belanja

Korea itu serba mahal. Mungkin tidak semahal di Kuwait, tapi saya tetap beranggapan sebagai orang Indonesia, di Korea itu serba mahal. Jika Anda tidak ada budget untuk belanja, lebih baik tidak usah, kecuali yang penting-penting saja.

7. Oleh-oleh

Saya tahu, teman-teman dan tetangga Anda pasti menagihnya bukan? Agak repot kalau harus membelikan banyak orang. Pilihan paling tepat barang oleh-oleh adalah gantungan kunci, magnet untuk kulkas, atau tempat pensil yang tersebar di seluruh penjuru korea. Untuk kaos terhitung mahal.

Gantungan kunci, atau magnet bisa Anda dapatkan per paket isi 10 dengan harga 10 ribu won. Tapi perlu diingat, harga ini bukan dibeli di Myeongdong, karena mereka rata-rata menjual 15 ribu won. Mungkin Insadong bisa menjadi pilihan belanja oleh-oleh.Tempat pensil berwarna harganya adalah 2000 sampai 2500.

Jika Anda butuh beli kaos, yang termurah di Dongdaemun adalah 5000 won kualitas seadanya. Atau 10 ribu won dengan kualitas sedang.Nah, pintar-pintarlah memilih siapa saja yang berhak atas oleh-oleh dari Korea.

8. Biaya lain-lain

Saya sengaja memasukkan kategori ini, karena biaya tempat masuk tempat rekreasi tidak ada di kategori manapun. Mungkin menyisihkan 70 ribu won untuk berdua selam seminggu masuk dalam kategori cukup. 100 ribu won bisa dibilang aman.

Jadi, berapa total biayanya?

Visa (1 orang): 350 ribu rupiah
Penginapan: 3 juta rupiah
Tiket pesawat (1 orang): 5,5 juta rupiah
Makan selama seminggu (2 orang): 800 ribu rupiah
Transportasi selama seminggu (1 orang): 360 ribu rupiah
Oleh-oleh (untuk 10 teman berupa gantungan kunci): 100 ribu rupiah
Biaya lain-lain: 350 ribu rupiah
====================
Total biaya plus hidup selama seminggu: 10.460.000 rupiah

Jika anda berdua dengan pasangan, atau berdua dengan teman, maka biaya bisa ditekan lagi karena penginapan dan makan bisa berdua. Berikut perhitungan kasarnya:

Visa (2 orang): 700 ribu rupiah
Penginapan: 3 juta rupiah
Tiket pesawat: 11 juta rupiah
Makan selama seminggu: 800 ribu rupiah
Transportasi selama seminggu: 720 ribu rupiah
Oleh-oleh (20 orang teman): 200 ribu rupiah
Biaya lain-lain: 1 juta rupiah
====================
Total biaya plus hidup selama seminggu untuk berdua: 17.420.000 rupiah.
Total biaya perorang: 8.710.000 rupiah

Sekali lagi, rincian biaya di atas adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri. Kemungkinan Anda bisa mencari tempat penginapan yang lebih murah lagi, atau tiket pesawat Anda jauh lebih murah dari yang saya bayar, sehingga total biaya yang dibutuhkan bisa lebih kecil lagi.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Selanjutnya: Apa itu T-Money?

2 thoughts on “Jalan-jalan di Korea 3 – Total biaya perjalanan”

  1. yang di bagian makan katanya 80.000 won perhari kan yaa tapi pas di perhitungan kasarnya kok cuman 800.000 rupiah seminggunya? bingung :/

Comments are closed.