Jalan-jalan di Korea 4: Apa itu T-Money

Dari tulisan sebelum-sebelumnya, saya selalu menyebut T-Money. Untuk yang belum tahu atau yang mau tau lebih lanjut, bisa membaca bahasan saya di bawah ini.

Perkenalan

t-money Gambar di samping adalah tampilan depan T Money. Gambar depan bisa berupa macam-macam, tapi perhatikan saja logonya. Selama di Korea saya yakin Anda akan sering melihatnya.

T Money adalah dompet virtual Anda. Harga kartu di bandara adalah 3000 won, dan di kios-kios sekitar subway adalah 2500 won. Kartu ini tebalnya lebih tipis dari kartu ATM Anda tapi ukurannya sama. Saya 99% yakin semua orang Korea punya kartu ini, karena manfaatnya yang begitu besar.

Bisa untuk apa saja?

Fungsi awal kartu T-Money ini adalah untuk meminimalkan transaksi menggunakan uang cash. Kemungkinan (saya sotoy) awal adalah kartu ini digunakan untuk transportasi di Korea. Tapi sekarang jika Anda membeli sesuatu di warung-warung cepat saji seperti Dunkin Donuts dan teman-temannya, Ada sudah bisa menggunakan kartu ini.

Apakah saya butuh?

Jika Anda berpergian ke Korea, Anda tentu saja butuh tanpa ditawar-tawar. Untuk membelinya, Anda hanya butuh mencari toko-toko kecil seperti Indomaret atau Alfamart. Yang perlu diingat adalah, kartu ini personal. Jika Anda pergi berdua ke Korea, maka Anda butuh 2 kartu. Satu orang harus punya 1 kartu.

Bagaimana cara menggunakannya?

Di tiap pintu masuk subway, kasir, atau pintu masuk bis, Anda akan menemui mesin T-Money. Cukup taruh kartu di atas mesin (bisa bolak-balik). Segitu gampang.

Bagaimana cara mengisinya?

Di tiap toko yang menjual T-Money di bandara, sudah dilengkapi dengan mesin pengisi. Tidak ada jumlah nominal tertentu untuk mengisinya, Anda bisa mengirinya berapapun Anda mau. Usul saya, taruhlah rata-rata perhari Anda akan butuh 3000 Won. Tinggal kalikan berapa lama Anda akan tinggal di Korea.

Jika Anda di luar bandara, tiap stasiun akan ada beberapa mesin pengisi. Jika Anda bisa membaca bahasa Inggris dan mengerti, maka saya bisa jamin Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mengisinya.

Oh iya, tiap mesin pengisi, bisa mengembalikan uang Anda. Maksudnya, tidak perlu uang pas. Mesin-mesin di korea sudah terlalu canggih sehingga kita dibuat terkesima.

Selanjutnya: Cara menggunakan subway di Korea

One thought on “Jalan-jalan di Korea 4: Apa itu T-Money”

Comments are closed.