Jalan-jalan di Korea 5: Menggunakan subway di Korea

Tulisan ini adalah salah satu catatan perjalanan saya ketika ke Korea Selatan. Jika Anda tertarik untuk membaca semua catatan saya, klik tautan ini.

Sebelum ke Korea sebenarnya saya cukup khawatir bagaimana nanti proses naik Subway di sana, karena saya tidak bisa membaca tulisan hangul, dan nggak ngerti. Modal saya cuma bahasa inggris saja. Saking khawatirnya, saya banyak melihat video yang diunggah di youtube yang menjelaskan bagaimana menggunakan subway di Korea.

Nah, dengan membaca tulisan ini semoga Anda tidak lagi khawatir, karena ternyata setelah sampai di sana, tak perlu bisa berbahasa korea, atau tidak bisa membaca tulisan hangul-pun Anda juga bisa lancar dan cepat mengerti. Dan tulisan ini mencoba membuka mata Anda untuk tidak perlu khawatir.

Peta subway

Ada beberapa cara untuk Anda mendapatkan peta subway di Korea. Dari Internet (cukup cari ‘subway map korea’), dari kedutaan besar mereka, dari bandara di Incheon, atau cukup unduh aplikasi di Apple Appstore atau Google Playstore. Pilihan terakhir lebih mudah. Apalagi jika ada petunjuk pencarian.

Karena Anda sudah berada di sini, maka tak ada salahnya jika saya perlihatkan gambarnya di bawah ini.

subway1

Terlihat rumit? Memang, tapi jangan dulu khawatir, karena pemakaiannya cukup simpel.

Jalur dibedakan dengan warna

Jika melihat gambar di atas, Anda akan melihat garis yang berbeda-beda warna. Total semua sampai sekarang adalah 19 jalur. Yang perlu Anda perhatikan adalah nomor jalur dan warna jalur. Juga jangan lupa untuk menghitung nomor stasiun yang akan Anda lalui.

Di beberapa stasiun, ada kemungkinan Anda akan pindah jalur untuk menuju tujuan. Untuk pindah jalur hanya perlu mengikuti plang nomor jalur. Anda juga bisa memperhatikan warna jalurnya.

Contoh kasus

Ceritanya Anda menginap di daerah Myeongdong, dan ingin pergi ke istana di Gyeongbokgung. Lihat gambar di bawah ini di lingkaran hitam dengan tanda B (Berangkat) dan D (Datang).

subway1

Seperti yang terlihat pada peta di atas, Myeong-dong ada di jalur berwarna biru laut, sedangkan Gyeongbokgung ada di jalur berwarna Oranye. Antara 2 jalur ini, mereka saling bertemu di stasiun Chungmuro. Artinya, setelah masuk ke stasiun Myeong-dong, carilah kereta dengan tujuan stasiun selanjutnya Chungmuro.

Perlu diperhatikan, jarak Myeongdong dan Chungmuro hanya 1 stasiun. Jadi Anda harus siap-siap turun ketika masuk kereta. Setelah sampai di Chungmuro, keluar dari kereta dan carilah jalur berwarna oranye. Di sini Anda tidak perlu membayar lagi, hanya tinggal mengikuti jalur oranye saja. Jangan khawatir, karena mengikuti jalur berwarna lain sudah ada petunjuknya cukup jelas.

Anda juga perlu memperhatikan tujuan selanjutnya dari Chungmuro, yaitu Eujiro 4(sa) ga. Naiklah kereta dengan tujuan itu, dan di stasiun keempat, Anda harus turun dan keluar dari stasiun, karena Anda sudah sampai tujuan.

Beberapa tips berkelana dengan Subway di Korea

  1. Selalu siapkan kartu T-Money Anda. Pastikan uang di T-Money Anda lebih dari 2000 Won jika ingin bepergian. Karena di 10km pertama, Anda dikenakan biaya 900 won, dan kelipatannya bertambah 100 won.
  2. Gunakan sepatu senyaman mungkin untuk berjalan kaki dan naik-turun tangga. Tidak dianjurkan menggunakan sepatu hak tinggi.
  3. Sebelum pergi, Anda harus tahu 1 stasiun setelahnya dan stasiun terakhir. Karena plang di dalam stasiun hanya menampilkan stasiun terakhir dan 1 stasiun selanjutnya.
  4. Jangan pernah duduk di tempat orang tua (bagian pinggir belakang gerbong), itu jatah mereka
  5. Selalu hitung berapa jarak stasiun tujuan Anda, karena suara pengingat di dalam kereta kurang kencang dan kurang jelas terdengar.
  6. Hindari jam-jam sibuk kantor, pagi jam 8, siang jam 1-2 dan sore jam 5-6. Jika terpaksa, maka bersiap-siaplah untuk beramai2 di dalam kereta.

Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Jalan-jalan di Korea 5: Menggunakan subway di Korea”

Comments are closed.