Keberadaan Musholla di Mall

Negeri ini sungguh aneh. Di beberapa daerah, ada banyak anak-anak yang tergeletak karena kekurangan gizi, busung lapar, dan semua penyakit yang berhubungan erat dengan yang namanya… duh, mau tak mau saya harus menyebutnya, kemiskinan. Kota besar di Jakarta, entah sudah berapa Mall yang tersebar, berdiri diantara gedung-gedung mewah, menyombongkan diri diantara kenyataan bahwa kemiskinan masih saja menyelimuti negeri ini.

Harus diakui, banyak orang menganut agama Islam di negeri ini. Dan semua orang pun tahu, walaupun anda yang bukan Islam, bahwa seorang muslim mempunyai kewajiban untuk menunaikan sholat lima waktu. Dan sangat mungkin, diantara waktu sholat itu, kita berada di antara sekian banyak Mall yang tersebar di kota ini. Tentunya, keberadaan musholla sangat penting, walaupun faktor kenyamanan sangat dikesampingkan oleh beberapa pengelola Mall.

Berikut ini, adalah hasil review saya dibeberapa Mall yang pernah saya kunjungi, dan kebetulan melakukan kegiatan sholat disana.

  • ITC Cempaka Mas
    Pengelola Mall ini saya acungkan 4 jempol! (tangan dan kaki) mereka menyediakan masjid, yang sangat jarang dilakukan pengelola lain. Masjid yang disediakan juga sangat nyaman, bukan sembarang masjid. Letaknya persis didepan atau disamping pintu utama (mungkin, saya tidak terlalu memperhatikan).
  • Plaza Senayan
    Sangat Nyaman. Walaupun letaknya ditempat parkir, tapi saya cukup mengacungkan 1 jempol saja. Tempat dan suasananya memang nyaman. Pemisahan tempat antara wanita dan pria juga sangat tertata rapi.
  • Plaza Blok M
    Walaupun disediakan sendiri, tapi saya masih kurang sreg dengan kenyamanan yang ditawarkan disini. Apalagi untuk tempat wudhu, yang sempit dan kotor. Hal yang saya anggap positif ditempat ini adalah penyediaan sandal bakiak.
  • Plaza Semanggi
    Tempatnya, mirip dengan Plaza Senayan. Mungkin terinspirasi dengan bentuk dan modelnya, tapi sangat disayangkan, tak ada AC, atau minimal beberapa kipas disediakan disini.
  • Mangga Dua Mall
    Sangat parah! Air untuk wudhu, adalah air yang sangat berasa tak enak dimulut (saya tak pernah melakukan kumur disini, Alhamdulillah itu sebuah sunnah), tempatnya juga alakadarnya.
  • Mall Pondok Indah
    Terakhir kesana, sekitar sebulan yang lalu, ada perbaikan musholla disana. Dan tempat sementara yang dipakai juga tak layak. Tempat wudhu yang disatukan antara wanita dan pria, ditambah hanya disediakan satu buah kran air… :(. Semoga saja setelah perbaikan, musholla disini minimal bisa mensejajarkan dengan Plaza Senayan.
  • Pasar Raya Grande
    Sangat nyaman berada di musholla ini. Letaknya antara lantai 3 atau 4, saya tak begitu yakin. Tak banyak komentar yang saya tulis, karena memang tempatnya cukup nyaman.
  • Ratu Plaza
    Entah, memang sengaja disediakan atau tidak. Karena saya pikir tadinya adalah sebuah toko, yang disulap menjadi tempat sholat. Kita seperti berada didalam akuarium, dikelilingi kaca. Tempat wudhu yang tidak disatukan karena berjarak beberapa langkah dari pintu. Yang membuat tak enak adalah anda harus melepas alas kaki, dan meninggalkannya dipintu masuk, sebelum mengambil wudhu.

Cukup 8 buah Mall saja yang saya review disini. Saya hanya berharap, beberapa dari Mall yang saya sebutkan kurang memperhatikan bisa melakukan perbaikan dimasa datang. Walaupun saya tahu, harapan itu hanya tinggal harapan.

30 thoughts on “Keberadaan Musholla di Mall”

  1. untuk di itc cempaka mas, masjidnya ada disamping kanan mall kalo masuk dari arah suprapto. kondisinya memang bagus, layak dijadikan contoh bagi pengembang yang lain. hanya ada satu kata TOP!

  2. Buset dah.. lengkap beuneuurrr review nya! Tambah lagi dong Mall-Mall yang lain! Apa perlu gue yang ajak duluan sekalian hunting + review?

  3. yoi..yoi..*sigh reviewnya keduluan*

    eh.. Dats, loe belom review mushola di Plasa Senayan kan? wah… itu satu2nya mushola yang paling bersih & nyaman. (buat gue)

  4. hahah… ya… paling TOB itu masjid di itc cempaka mas. di mall kelapa gading lumayan mushollanya. di gramedia matraman (eh bukan mall ya?) menyedihkan. di atrium senen lumayan bagus juga.

  5. buat gw, Musholla yang paling ‘appropiate’ sebagai tempat ibadah hanya di Plaza Senayan dan Plaza Semanggi. Keduanya memiliki kesamaan dari sisi tempat wudhu. Btw, Dats, di Semanggi kan udah ada AC-nya juga. Emang kalo ngomong masalah ini, gw suka trenyuh, sementara orang membangun bagian gedung lain dengan sangat megah, sementara untuk tempat kita bersujud terkesan ala kadarnya. Btw, Musholla di Lippo Supermal sangat tidak ‘manusiawi’ gak ada ventilasi, karpetnya gak pernah dibersihkan, walhasil aromanya sangat uhuyyyyy. Kalo di MTA, mendingan, masih ada AC-nya.

  6. kalo ke carefour, dari semua kerpur yang dah gue coba, musholla yang enak cuma di kerpur lebak bulus. Ruangan ber-ac, walau agak sempit tapi enak dibanding musholla yang di parkiran, panas dan lembab

  7. nilai jempolnya kog cuma beberapa sih
    jadi binun… sebenarnya kriteria jempol ato yang laen nih

    *sumbang jempol*

  8. huahaha.. yg di plaza blok m masak spesial gara2 menyediakan sendal bakyak sihh?? ;p
    fyi, di plaza blok m ada juga mushola deket parkir motor.. tp ini lebih parah dr pd yg diatas. Paling bt klo mesjidnya kecil, dah gitu kita mo sholat bareng jam istirahatnya karyawan.. uiih.. ngantrinya kyk sembako.

    hmm.. jadi situh anak mall yah?? kyknya sering banget jalan2 ke mall.. hihihi…

  9. wah….lo belon liat musholla yang di BIP (Bandung Indah Plasa), walah itu mah gag bisa dibilang musholla.
    udah mah di ground floor(tempat parkir) banyak pipa2,sempit,tingginya < = 2 meter, melengkung gag puguh.....
    apresiasinya kurang kaleee (maklum kapitalis)

  10. plasa semanggi lumayan deh.. bersih, rapi, tertib. yg rada menyedihkan juga bale air. padahal kalo ramadhan banyak juga yg suka buka bersama di situ.. :(

  11. Kl saya pernah nganterin temen solat di Citos…itu juga kurang manusiawi. Jarak antara musola dgn tempat wudhu jauh dan kotor (krn ditempatkan di tempat parkir).

  12. Baru kemarin saya ke ITC Permata Hijau. Tadinya waktu liat ada penjaga toko yg shalat di tokonya sendiri saya kira di sini nggak ada mushola. Tp saya tanya salah satu penjaga toko dan akhirnya dikasih tau, di lantai 1.
    Tempatnya bagus kok, dipisah wanita dan laki2nya, walaupun tempat wudhu wanitanya agak kelihatan soalnya pintu yg ada nggak ditutup. Malah ada yg lepas jilbab di luar baru wudhu.

  13. mw komen musholla yang di Blok M plaza…kayaknya gak niat banget.abis sebenernya itu salah satu parking lot kan ya? semoga pengelolanya dapet pencerahan de..biar ngasi musholla yang lebih layak :)

  14. bagus2 akhirnya ada jga yg kpikiran buat ngangkat topik ini, kayaknya sih perhatian para pmilik mall kurang ya sma tmpat ibadah khususnya mushola, mungkin mereka just mikirin keuntunganya aja kali ya…dan untungnya itu ga semua mall yang kayak gtu contoh nya PS top abis sampe2 kadang gw betah berjam jam duduk di dalamnya, hehehe

  15. Kebetulan gw jg freelancer yang gak punya kantor. Meeting sering di mall atau di manapun bisa. jadi bisa ngrasain kebutuhan musholla..
    Dan bt kita yang perempuan, kerepotannya dua kali lipat kalo pas lagi lupa banget bawa mukena. Tahu sendiri kan kondisi mukena di mushola seperti itu? Yang wangi cuma di rspi.
    Tapi kan gw gak meeting di rumah sakit,,

  16. iya, iya setuju, harus dibuat review soal mal2 yg nyediain mushola yg layak, yg gak layak apalagi gak ada dicerca (baca:kritik) abis aja biar pada nyadar. mungkin bisa dikirim ke koran or majalah. atau coba kirim ke surat pembaca, complain soal mal yg nyediain mushola gak layak. biasanya kalo udh dikritik di koran yg punya suka kebakaran jenggot dan lgsng usaha ngebenerin.

  17. Untuk PIM 2 Musholah nya lebih oke kok,kayaknya tiap lantai dia disediain musholah.bersih banget,trus cowok ama cewek terpisah tempatnya.

Comments are closed.