in blog

Komunikasi, Keterbukaan dan Kejujuran dalam sebuah hubungan

Aku pernah diberitahu dan membaca tentang syarat-syarat dalam sebuah hubungan yang harmonis dan langgeng. Ketiga judul diatas bisa menjelaskan sedikit. Tapi kupikir ada satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya, kenyamanan.

Oh, iya, sebagai sebuah catatan dan perlu digaris bawahi, aku sama sekali tidak punya keahlian dan pengalaman yang cukup untuk berbicara dan menulis tentang hal ini. Ini cuma sekedar seonggok tulisan sampah yang kini muncul di benakku. Anggap saja ini rubbish.

*mode_serius = true*

Komunikasi
Komunikasidalam setiap hubungan diperlukan karena itulah salah satu caramempererat kehangatan antar individu. Ngobrol, ya, itulah salah satu bentuk komunikasi. Masalah cerita lama dan perjuangan hidup yang pernah dilalui, mungkin menjadi topik menarik. Ah, ngobrol dengan pasangan adalah sesuatu yang mengasyikkan! sangat mengasyikkan. Aku selalu merindukan saat-saat bisa saling ngobrol. Membagi cerita, perasaan dan pendapat.

Keterbukaan
Terbuka tentang keadaan diri, kekurangan, kelebihan, keluarga, dan tentang segala hal. Aku menyadari, setiap orang pasti punya rahasia yang tidakbisa diungkapkan begitu saja. Itu sangat lumrah. Tujuan dari keterbukaan ini, adalah menerima apa adanya setiap pasangan. Dengan begitu, kekurangan dan kelebihan pasangan bisa dimengerti dan dipahami.

Kejujuran
Aku menyukai kejujuran. Aku banyak belajar tentang sebuah kejujuran. Jujur dalam segala hal, merupakan kunci penting. Duh, aku sangat menyukai wanita yang jujur…

Ketiga faktor diatas tidak bisa dipisahkan. Harus lengkap. Tapi ada satu hal yang menurutku paling penting, kenyamanan.Dimana, kita bisa terasa tentram, damai dan tidak tertekan. Jika ketigafaktor diatas bisa dijalankan secara sempurna, maka api cemburu bisa diredam dengan mudah, juga, setiap pasangan pasti akan saling menghargai perasaan masing-masing.

Tapi mungkin saja kenyamanan akan tercipta dengan sendirinya jika komunikasi, keterbukaan dan kejujuran sudah diaplikasikan. Walaupun kadang tergantung objek yang menjalaninya.

Dan seperti biasa, tulisan serius ini harus ditutup dengan kata… ah, sudahlah… :D

35 Comments

  1. Aku jadi ingat dengan lagunya Led Zeppelin , communication breakdown. :)
    komunikasi memang perlu dalam sebuah hubungan, tanpa itu semua adalah nothing

    Hey, girl, stop what you’re doin’!
    Hey, girl, you’ll drive me to ruin.
    I don’t know what it is that I like about you,
    But I like it a lot.
    Won’t let me hold you,
    Let me feel your lovin’ charms.

    *communication breakdown,
    It’s always the same,
    I’m having a nervous breakdown,
    Drive me insane!

    Hey, girl, I got something I think you ought to know.
    Hey, babe, I wanna tell you that I love you so.
    I wanna hold you in my arms, yeah!
    I’m never gonna let you go,
    ’cause I like your charms.

  2. Oo.. selain jadi pakar Css bs jadi pakar Cinta juga, tapi bukan gara2x jadi penganggurankan. trus makanya alih profesi gitu.

    heheh

  3. Hubungan, dilakukan oleh 2 belah pihak atau lebih, idealnya seperti diatas.
    Akan tetapi ada saja suatu hubungan tidak seimbang. kenyamanan berhubungan memerlukan take and give (memberi & menerima).

  4. penting:
    gak ada rekayasa, cemburu adalah bunuhdiri, nice fisik blum tentu asyik asal enak diajak speak, jangan berkomitmen sebelum benar2 bisa dipercaya.

    cinta itu kejam…

  5. penting:
    gak ada rekayasa, cemburu adalah bunuhdiri, nice fisik blum tentu asyik asal enak diajak speak, jangan berkomitmen sebelum benar2 bisa dipercaya.

    cinta itu kejam…

  6. hubungan mo jarak jauh, jarak dekat,
    yg penting itu komitmen ke dua belah pihak.
    kalo komitmennya tinggi, pasti bisa work out lah

  7. Kayaknya tulisan ini bisa diartikan, dan di aplikasikan dalam dunia sehari selain dari percintaan, misalnya di dunia pekerjaan, perlu juga dibangun KIE/ Komunikasi,Informasi, dan Edukasi

    What am i saying ? :-) pokoknya gitu deh

  8. TST ajalah Dats… tak ada orang yg sempurna, yg penting dia (mau) tau ‘n ngerti kita, juga begitu sebaliknya…tapi itu, katanya, lho :D

  9. setiap perjalanan asmara merupakan pengalaman yg berbeda satu sama lain; jadi yah belajar lah sebanyak-banyaknya dari masing2 tersebut. enjoy kan lah aja, pak :)

  10. dalam sebuah hubungan, komunikasi memang sangat diperlukan apalagi kejujuran dan keterbukaan.kita berhubungan bukan hanya dengan raganya doank kan…………….

    tO bE CoNtINue……………

  11. sebuah hub pa la gi PJJ kl dah ga da keprcayan mending putus dech………………………………..

  12. lam knal buat semuanya?komunikasi,keterbukaan,dan kejujuran yg slalu diperlukan dlm suatu hubungan…..intina mah jujur….hate geus nyeri.
    “hidup tidak jujur tong sampah menanti anda”

  13. lam knal buat semuanya?komunikasi,keterbukaan,dan kejujuran yg slalu diperlukan dlm suatu hubungan…..intina mah jujur….hate geus nyeri.
    “hidup tidak jujur tong sampah menanti anda”

  14. plus pengalaman pribadi euy….jangar ce selingkuh mah co selingkuh wajar….

  15. inti dari semua kejujuran adalah kepercayaan sesama jangan salih tunjuk, tunjuk hidung mu sendiri….. na, ingat itu

Comments are closed.