Membuka peluang mendapatkan pekerjaan di luar negeri

Bekerja di luar negeri bagi orang Indonesia masih berupa hal yang wah. Segalanya dipandang serba wah. Padahal, tidak semua begitu. Para TKW yang bekerja sebagai pembatu contohnya. Mereka punya nasib yang jauuuh lebih buruk dibandingkan di negerinya sendiri. Karena sejak awal mereka menganggap wah, sebagian besar dari mereka menjadi buta. Padahal uang yang mereka korbankan sebelum berangkat bukan uang yang sedikit.

Dari beberapa contoh yang tidak mengenakkan, ada sebagian besar tenaga skill yang bekerja di luar negeri mendapatkan penghidupan yang lebih layak dibandingkan di negeri sendiri. Nah, sekarang sudah saatnya bagi kita mengirim tenaga skill ke luar negeri. Dan aku akan coba berbagi sedikit bagaimana membuka peluang kerja agar kita mendapatkan tawaran, bukan kita mencarinya. Keren kan?

Langkah-langkah di bawah ini tidak mutlak berhasil. Judulnya saja membuka peluang. Jadi berhasil atau tidak, ya tergantung muka. FMCOPD bahasa kerennya.

Punya Blog atau situs pribadi

Ini adalah hal yang lumrah. Memang sebaiknya menggunakan bahasa Inggris agar lebih mengglobal dan si penawar pekerjaan bisa mengetahui secara cepat bagaimana nasib bahasa inggris kita.

Pasang Resume atau CV

Ini langkah kedua yang wajib dipenuhi. Dan diharuskan, Resume atau CV hanya dan hanya berbahasa Inggris.

Ada tips penting untuk “menjual diri” lewat CV juga jangan berlebihan. Baru belajar Ajax, sudah berani menuliskan Ajax sebagai skill.

Sebagian orang luar negeri, menjadi agak ragu jika kita menuliskan terlalu banyak kemampuan di CV atau Resume kita. Karena yang mereka butuhkan biasanya orang-orang yang punya fokus terhadap bidang yang ditekuni.

Sebenarnya aku juga paham kenapa banyak skill yang ditulis di Resume atau CV, salah satunya karena banyak perusahaan di Indonesia lebih mengutamakan mencari superman dalam bekerja. Aku pernah membaca lowongan pekerjaan yang mengharuskan calonnya bisa berbagai macam bahasa pemrograman. Dan ini sux to demak!

Buat yg gratis

Bagi seorang web designer, ajang pembuktian diri salah satunya ya dengan membuat template gratis. Untuk web developer, cobalah mendevelop sebuah skrip yang berguna dan berikan secara gratis. Untuk bidang ilmu lain, buatlah sesuatu yang menunjukkan eksistensi anda sebagai salah satu orang yang terjun di bidang yang anda tekuni di dunia internet. Percayalah, cara ini sangatlah ampuh.

Efeknya memang tidak langsung, tapi dengan begitu, dipastikan akan ada banyak rejeki yang masuk. Ya entah jalannya seperti apa.

Cari teman sebanyak-banyaknya

Carilah teman sebanyak-banyaknya. Dengan menyambung tali silaturahmi, maka itu juga membuka peluang rejeki. ehm ehm. *pake kopiah*

Jika ingin membuka peluang bekerja, maka carilah teman yang sudah bekerja. Kalau mau kerja di luar negeri, maka carilah teman di luar negeri. Kali aja ikut ditawari kan?

Nah, sekarang, ada gag yang bisa diandalkan untuk ASP.NET dan mau ke Kuwait? Coba tunjuk tangan.

40 thoughts on “Membuka peluang mendapatkan pekerjaan di luar negeri”

  1. Hore.. akhirnya dipublish juga tips2nya :) thx mas didats…

    Sip deh, tips2nya lagi coba diamalkan nih. *sambil buka2 email kali aja ada yang nawarin gawean di luaran sono :p*

  2. aku mo ngejalanin tips yg terakhir ajah deh..”mas didats..ctok..ctok..mo ga jd temen aku?hayu…” :D dengan niat di ajak ker di kuwait dan bergelut dgn orng2 kuwait yg agak2 aneh :D..dengan bayaran dirham (eh bener ga?)mayan buat nambah2in pundi2 tabunganku :)):))
    -salam dari jakarta yg semakin ga karaun :(-

  3. #2 sama sama cak. jadi gimana bisnis lancar jaya nih kyaknya.. huehehe… :D

    #5 dinar neng. bukan dirham. salamnya diterima. tau gag karuan bukannya pindah aja.. hihihi.. :D

    #6 :P

    #7 bukan gw, tapi kompeni.

  4. biarpun ga karuan tp sementara waktu nafkahku ada di jkt..mas didats knp ga pindah ajah dr kuwait dah tau orng2nya aneh:P
    btw..mungkin better kl mas didats nyertain contoh CV yg menjual dan nyertain tutorial how to make free website dr design ampe nongol di internet :D..
    maap y kl requestnya kebanyakan..but ibadah itu tdk mengenal bnyk atao sedikitkhan?

  5. Eid mubarak…
    Kullu am antum bikhoir…
    Malaisy Takheeer waajeed…
    kmr mau mampir pas nganterin si british, tapi udah kemalemen…disampein gak salamqu??

  6. Sebagai langkah untuk mewujudkan impian berdasarkan petuah master di postingan ini, maka dengan ini saya rilis template WordPress baru dengan nama YoMel.

    *ga ngerti barusan nulis apaan*

  7. #10 kuwait memang orangnya aneh. dan negerinya juga ikut aneh.

    tapi dinarnya gag aneh.. kekeke.. :P

    yo wis, nanti aku bikin tutorialnya.

    #11 *lempar sendal jepit*

    #12 lish?
    eid mubarak juga. kullu am wa antum bikhoir juga. *gag tau cara jawabnya*

    si britis gag ngomong apa2. laen kali kirimnya jgn salam aja yak. kirim kue ato makanan juga gpp.. :P

    #13 iya deeeeeh… *elap keringet*

    #14 hayo bales email gue. :D

    #15 yoeh yoeh. keren templatenya. inget persenan yak buat gw klo berhasil.. :P

  8. gw bakalan tunjuk tangan seandainya lu nanya : “ada gag arsitek jomblo yang pengen kerja sekalian nyicipin makanan + berwisata kuliner di kuwait?”
    *cengar-cengir* :P

  9. ak jg mau belajar bikin web kak dy,gmana seh?ada gak website yg bisa ngajarin kt bikin web?ak pgn cari tambahan dr internet nich,oh iya gimana seh pejengin fotoku disini,,,?

  10. hmm..jadi ceritanya ini lowongan kerja toch..kreatip sekali boss…hmm..bener juga y..di Indo ntu qta perlu masukin semua skill qta..biar ada salahs atu yg nyangkut mksd boss…tp bener juga ‘superMan’ as superemployee..wehehehe

  11. thx info nya…….gw lagi mempersiapkan kerja di Singapore, meski lewat jalur khusus (keluarga) tapi saya juga ingin mencari info untuk jalur resmi,yah buat jaga-jaga kalo jalur khususnya rada lama coz saya ingin secepatnya bs kerja di luar….untuk itu moon info lebih lanjut prosedur resmi untuk kerja di Japan or USA thx bgt lho situs ini sangat membantu saya dan saya sangat menghargai bantuan nya……ditunggu ya (URGENT)

  12. wah …. bagus…. nich …. boleh dong ajak ajak …. aku punya skill design grafis….. ditunggu kabarnya yach ….

    makasi sekali ….
    thanks…..

  13. aduh,,mas bisa kasih info yg lbh spesifik ga? misal..lowongan diperusahaan ini,,trus dinegara mana,,abis gtu closing datenya tgl sekian,,jdkan lbh jlas,,dan kita2 bs langsung bkin CV,,maaf ta klo gw pngen yg simple2 aja..

  14. wah kalo kerja dengan skill tinggi emang orang indonesia jagonya, meski banyak yang tidak terekspose seh. tapi bagaimana pun kita harus siap untuk bertarung di negeri sendiri. berusaha sendiri. Selamat ya Dats, atas semua usahamu untuk mengharumkan negeri ini :-)

  15. Saya ingin sekali mencoba kerja ke luar negeri, kalo bisa minta informasinya dong dan kalo bisa juga yang sistem potong gaji, thx b4

  16. ada info lowngan kerja u di amrik darat ga? tapi yang legal,,,,saya kapok nih pernah ketipu,,,mas tolong bantu ya thx

Comments are closed.