Nama sawojajar sudah terkenal di penjuru kota Malang sebagai komplek perumahan besar. Tidak jarang banyak yang malas untuk masuk ke dalam karena biasanya sulit keluar. Ojek-ojek online sebagian besar akan nyasar apalagi jika letak rumah berada di tengah-tengah jalan raya sawojajar.

Komplek Sawojajar terletak di sebelah timur Alun-alun kota Malang, mungkin sekitar 8-15km. Semua nama jalannya dimulai dengan kata danau. Jika Anda membaca nama jalan seperti Jalan Danau Maninjau, dan berada di kota Malang, bisa dipastikan rumahnya berada di dalam komplek sawojajar.

Yang membuat cukup bingung adalah banyaknya jalan yang ditutup portal pada waktu-waktu tertentu. Sehingga harus mencari jalan lain yang biasanya tidak diterangkan di aplikasi peta seperti Google Maps. Biasanya waktu-waktu ditutup portal mulai jam 10 pagi sampai dengan jam 15 sore. Ini dilakukan untuk mempersempit ruang gerak maling yang dulu katanya pernah marak.

Hal lain yang cukup ajaib adalah kombinasi nama jalan yang cukup banyak variasi. Berikut beberapa kombinasi nama jalan dari satu nama danau saja.

  1. Jalan Danau (nama) Raya
  2. Jalan Danau (nama) Barat
  3. Jalan Danau (nama) Timur
  4. Jalan Danau (nama) Utara
  5. Jalan Danau (nama) Selatan
  6. Jalan Danau (nama) Dalam
  7. Jalan Danau (nama) Tengah
  8. Jalan Simpang Danau (nama) (arah mata angin, Dalam, Tengah)
  9. Jalan Terusan Danau (nama) (arah mata angin, Dalam, Tengah)

Jadi ketika Anda mencari alamat di kota Malang dengan nama danau, perhatikan baik-baik nama jalannya. Karena ada juga variasi angka romawi seperti terlihat di foto bagian atas.

Selain nama jalan, kompleks ini juga ditandaƬ dengan nomor blok dan nomor rumah. Formatnya menggunakan huruf alfabet. Contoh formatnya: A1 A13.

A1 di atas adalah nama blok, A yang kedua sub-blok, dan 13 adalah nomor rumah. Saya belum tahu apakah kombinasi ini bisa sampai dengan huruf Z. Sejauh pengetahuan saya, belum ada kombinasi sampai Z.

Walaupun begitu, komplek sawojajar adalah salah satu tempat tinggal yang cukup menyenangkan di kota Malang. Ke bandara dekat, ke stasiun dekat, ke mall ada di komplek. Tidak jarang iklan-iklan perumahan akan menggunakan embel-embel “Dekat dengan sawojajar”.

Bahwa nyatanya ada komplek baru sampai dinamai Sawojajar 2. Tapi lokasi Sawojajar 2 sudah berada di kabupaten, bukan lagi kota. Anda tahu, apa beda kota dan kabupaten? wisata jalan rusak. Huehehe.

Segitu dulu hari ini, selamat nyasar kawan-kawan!