Karena banyak yang harus dibayar sampai tahun depan, membuat saya harus bisa puasa ganti iPhone. Versi iPhone yang saya pegang sampai saat ini adalah iPhone 7, hampir 3 tahun sudah perangkat ini menemani saya setiap harinya.

Walaupun sudah hampir 3 tahun, kesehatan baterai masih 81% dan masih oke saya gunakan baik untuk mengetes aplikasi ataupun kebutuhan harian.

Jika biasanya tiap 2 tahun sekali saya ganti, tapi tahun ini sepertinya saya akan lewat versi iPhone terbaru yang katanya versi 11 itu. Dananya bukan untuk kesana.

Maka itu, karena penasaran dengan layar besar dan FaceID, saya mau cari Android murah meriah dengan spesifikasi ukuran layar harus lebih dari 6 inchi, ada FaceID, dan yang paling penting, menggunakan USB C, karena komputer yang saya gunakan sudah menggunakan USB C juga.

Pilihan jatuh ke Samsung Galaxy M20. Kenapa pilih Samsung, karena saya juga mau coba masuk ke Galaxy Store selain Play Store kepunyaan Google.

21 hari dengan Android

Terhitung sudah 21 hari saya bersama Galaxy M20, saya tau karena setiap harinya saya menulis blog dan atau memotret dengan menggunakan hape itu.

Untuk yang mau ikut liat, dipersilahkan untuk melihat di akun Tumblr saya. Tapi Tumblr versi desktop tidak seenak dilihat versi mobilenya. Terbukti di versi desktop gambar yang saya masukkan kena ukuran yang dipaksakan, jadi tidak terlihat proporsional. Payah deh.

Kesan tentang Android

Ternyata Android versi saat ini cukup menyenangkan. Perlu diketahui, sekitar 4 tahun lalu, saya juga sempat punya Galaxy A5, tapi jarang saya pakai karena cuma digunakan untuk mengetes aplikasi saja. Karena dulu sama sekali tidak tertarik menggunakannya untuk sehari-hari.

Mungkin karena sekarang saya menggunakan OneUI si Samsung yang sangat lancar dan menyenangkan. Ini pula yang membuat saya mau coba belajar membuat aplikasi Android.

Tapi ada hal yang masih kurang sreg, soal keamanan dan komitmen Google untuk hanya meloloskan aplikasi yang baik saja yang bisa masuk ke Play Store-nya. Ini membuat saya gak berani untuk pasang aplikasi apapun. Hanya yang saya yakin gak akan menimbulkan masalah saja yang bisa saya pasang. Kriterianya? cuma filing aja.

Walau begitu, Android versi 9.x ini oke jugalah untuk pengguna iOS seperti saya yang sudah lebih dari 7 tahun menggunakan iPhone.