Gadget, Olahraga lari, Sepeda

Review Honor Watch GT sebagai pengguna iPhone

Setelah satu tahun menggunakan Honor Watch GT, rasa-rasanya saya bisa menulis review berdasarkan pengalaman pribadi. Sebagai info awal, saya adalah pengguna iPhone, dan sebelum menggunakan Honor Watch GT, saya adalah pengguna Apple Watch versi generasi paling pertama (bukan Series 1, tapi justru Series 0 😅).

Jadi review ini akan lebih membandingkan Honor Watch GT dan Apple Watch, karena cuma 2 itu saja yang pernah saya pakai. Tolong jangan ditanya merek dan model lain, karena saya gak tau.

Kenapa akhirnya pindah ke Honor Watch

Saya membeli Apple watch generasi pertama di tahun rilisnya, yaitu 2015. Dalam jangka waktu itu, di awal-awal saya biasa mengisi dayanya setiap 1,5 hari. Jadi jika mulai pengisian daya pagi hari, maka sore keesokan harinya sudah harus diisi lagi. Dan selama pemakaian Apple Watch, saya senang-senang saja. Benar-benar semua yang saya cari dari sebuah jam pintar ada.

Lalu setiap tahunnya, kemampuan baterainya berkurang jauh sekali. Di akhir tahun 2019, yaitu kira-kira lebih dari 4 tahun setelah pembelian, saya memutuskan menyerah. Karena saya biasa lari dan melakukan olah raga paling tidak 2 jam. Dan baterai Apple watch hanya bisa digunakan selama beberapa jam saja. Pernah saya lupa mengisi daya, akhirnya di tengah kegiatan olahraga, baterai sudah habis. Kan kesel.

Dan karena saat itu akhir tahun, dan Apple Watch series 5 masih belum bisa menarik hati, saya putuskan untuk membuat pilihan antara Samsung Galaxy Watch Active atau Honor Watch GT untuk menggantikan Apple Watch saya.

Pilihan jatuh ke Honor Watch GT karena lebih murah dan menurut review, daya tahan baterinya bisa sampai 1 minggu lebih. Sengaja cari yang murah karena saya berpikir untuk kembali menggunakan Apple Watch, tapi entah kapan. Sehingga tidak perlu serius-serius amat mencari penggantinya, toh nanti akan diganti lagi kalau ada Apple Watch yang cocok.

Apa kelebihan Honor Watch GT dibanding Apple Watch?

  1. Daya tahan baterai yang bisa seminggu, bahkan lebih. Salah satu alasan utama untuk pindah. Dan memang terbukti, saya jarang memperhatikan baterai jam pintar ini.
  2. Bentuk dan tampilannya yang lebih bagus. Jujur saja, saya lebih suka bentuk jam yang bulat
  3. Mode tampilan ketika berolahraga lebih lengkap. Terutama tempilan zona detak jantung
  4. Banyak pilihan wajah jam Anda, walaupun yang benar-benar bisa saya gunakan tidak lebih dari 5

Sudah? Iya. Memang gak banyak yang jadi kelebihan jam pintar ini. Dari segi harga juga jauh berbeda.

Apa kekurangan Honor Watch GT?

Saya hanya menggunakan Honor Watch GT selama 1 tahun. Di tahun-tahun awal saya bisa melupakan Apple Watch. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang saya rasakan selama menggunakannya selama 1 tahun.

  1. Kurang responsif GPS-nya. Jika Anda ingin mulai berolahraga, Anda harus menunggu GPS aktif terlebih dahulu. Masalah lainnya, jam pintar ini bisa saja menyuruh Anda untuk membuka aplikasi Huawei Health. Jika tidak diikuti, bisa dipastikan data GPS olahraga Anda kacau balau
  2. Sangat tidak cocok untuk pengguna iPhone. Koneksi Bluetooth-nya bisa memakan habis baterai iPhone Anda. Saya sangat tidak menganjurkan pengguna iPhone untuk menggunakan jam pintar ini
  3. Jika Anda pengguna iPhone, maka harus punya perangkat Android sampingan.
  4. Tidak bisa diandalkan ketepatan data untuk dipakai olahraga. Maka itu saya harus menggunakan aplikasi lain

Apa sebab saya memilih Apple Watch SE?

Alasan paling utama adalah sering salahnya Honor Watch GT menangkap data olahraga saya. Di Strava, saya bersepeda sejauh 70km, tapi di Honor Watch GT saya hanya mendapatkan 50km. Rugi bandar. Kesal sampai ubun-ubun.

Alasan lainnya, karena duitnya lagi ada 🤭. Dan menurut review yang saya baca dan lihat, tidak ada perbedaan signifikan antara Apple Watch SE dan Apple Watch Series 6. Yang saya lihat adalah dari segi kemampuan baterainya. Hal lainnya tidak terlalu penting buat saya.

Semoga saja, Apple Watch ini bisa bertahan seperti saudara tuanya, 4 tahun!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.