Sepeda

Mudah mengganti stem sepeda

Baru saja mengganti stem salah satu sepeda saya, Polygon Zeta 2. Dari sebelumnya punya panjang 45mm, saya ganti ke 100mm kepunyaan Strattos S3 saya. Pada awalnya saya pikir mudah, karena dalam bayangan saya, cuma tinggal ganti stem, lalu kencangkan. Selesai.

Ternyata tidak itu saja kawan. Ada beberapa trik yang jarang sekali diberitahu di banyak tutorial yang beredar di internet, terutama yang saya lihat di Youtube.

1. Alat yang dibutuhkan

Anda butuh 2 buah kunci L nomor 4 dan 5. Itu saja.

2. Urutan baut yang perlu dikencangkan

Saya tidak akan membahas bagaimana membongkar stem lama Anda. Karena semuanya murni tinggal membuka. Ketika memasang stem yang baru, pastikan urutan pengencangan seperti pada gambar di samping. Nomor 2 dan 3 bisa dibalik, tapi pastikan urutan dimulai dari nomor 1.

Kenapa? Karena jika Anda memulai selain dari nomor 1, ada kemungkinan stang kerasa kendur, oblak, atau koclak walaupun sudah dikencangkan di semua bagian baut.

3. Jika masih kurang kencang

Anda sudah mengikuti persis langkah di nomor 2, tapi stang masih kurang kencang? Berarti Anda butuh spacer. Salah satu ciri spacer dibutuhkan adalah ketika Anda sangat mudah memutar bagian yang dilingkari pada gambar di bawah ini tanpa perlu tenaga. Seperti loss.

Semoga membantu.