Sepeda

Perjalanan komponen sepeda dari AliExpress, dan berapa pajaknya?

Dropbar yang saya beli dari AliExpress baru saja tiba kemarin. Rencananya dropbar ini akan saya gunakan di Strattos S8 yang belum juga saya beli karena masih belum ada barangnya 😅. Oleh karena itu, sementara akan dipasang di Strattos S3 terlebih dahulu.

Yang saya beli dropbar bermerek OG Ovkin, Carbon, dan sudah integrasi dengan stem. Harga yang saya bayar adalah kurang lebih 1,4 juta ditambah bar tape yang juga bermerek sama. Bagaimana perjalanan barang ini sampai dengan tiba di rumah?

1. Mulai pesan

Saya pesan pada tanggal 11 November 2020, tepat saat diskon besar-besaran 11-11. Sengaja saya tunggu di hari diskon, karena memang cari murah 🤭. Saya bayar menggunakan kartu kredit. Tolong jangan ditanya untuk pembayaran lain, karena saya tidak tahu.

2. Mulai dikirim dari toko

Barang yang saya pesan mulai dikirim keesokan harinya, 12 November 2020. Ini termasuk cepat, biasanya saya harus menunggu sampai dengan 3 hari hingga barang mulai dikirim dari tokonya.

3. Mulai meninggalkan negara asal

Setelah dikirim dari toko, tanggal 15 Desember 2020 barang sudah mulai meninggalkan negara asalnya. Agak heran ternyata barang dikirim dari Singapura, bukan China.

4. Barang ditahan di bea cukai

Sejak tanggal 15 Desember, tidak ada lagi update sampai dengan tanggal 8 Desember 2020. Di tanggal tersebut barang saya ditahan oleh bea cukai yang entah salahnya dimana.

5. Dapat undangan untuk mengambil barang

Lalu tepat di tanggal 28 Januari 2021, ada surat undangan datang dari Kantor Pos di Malang, yang isinya adalah undangan untuk mengambil barang yang saya beli di loket nomor 12 di kantor pos pusat.

Anehnya, di surat undangan tersebut tertera barang yang saya beli adalah bar tape untuk dropbar seharga $19. Padahal, bartape yang saya beli 2 bungkus seharga $24. Dan juga tertera pajak total yang harus saya bayar adalah Rp109.000. Agak kaget karena kalau harga barang $19 dengan pajak yang Rp109.000 adalah mahal sekali. Tetap kalau diikutsertakan total barang bersama dropbar yang saya beli sebesar $123, Rp109.000 termasuk murah.

Bingung? sayapun 🤣

6. Ambil ke Kantor Pos pusat

Di hari Jumat, tanggal 29 Januari 2021, saya datang ke kantor pos dan langsung menuju loket nomor 12 dan menyerahkan surat undangan ke loket. Setelah itu saya menunggu untuk dipanggil dan diambilkan barangnya. Sekitar 10-15 menit kemudian, nama saya dipanggil dan ditagih uang pajak senilai Rp109.000.

Setelah dibayar, kardus besar yang cukup enteng diserahkan. Dan saya pulang dengan bahagia 😁😁😁.

Dropbar yang saya beli ternyata bagus, enteng, dan menyenangkan dilihat. Total perjalanan berarti 2 bulan lebih beberapa hari. Silahkan dinikmati gambar-gambarnya 😁, dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.