Sepeda

Kenapa harga sepeda ada yang mahal?

Untuk orang awam soal sepeda, bagi mereka sepeda adalah alat transportasi yang bisa juga jadi alat berolahraga. Untuk menjalankan sepeda, harus digowes. Mau mahal atau murah sekalipun, tetap saja digowes.

Lalu, apa yang membuat harga sepeda mahal bahkan bisa mengalahkan harga motor atau mobil?

Sebuah sepeda terdiri dari beberapa komponen penting. Harga total sepeda sangat dipengaruhi oleh merek, tipe, dan bahan komponen. Karena digowes, maka semakin ringan sepeda, maka harganya jadi lebih berat. Mari kita berkenalan dengan komponen-komponen penting yang menjadikan sepeda, sepeda mahal.

Rangka Sepeda

Komponen ini adalah yang utama dari sebuah sepeda, sekaligus salah satu alasan kenapa sepeda menjadi mahal. Paling umum, ada 4 bahan yang digunakan untuk membuat rangka sepeda diurut berdasarkan harga termurah ke termahal.

  • Besi
    Rangka sepeda berbahan besi adalah yang termurah. Tapi sangat berat dan memungkinkan berkarat walaupun cukup kuat. Bahan sepeda jenis ini biasa dipakai di sepeda anak-anak seperti BMX dan akhir-akhir ini mulai digunakan pada sepeda lipat murah. Untuk menyamarkan nama besi, biasanya empunya produk menamai rangka sepedanya dengan Hi-Ten Steel. Mungkin biar lebih keminggris, jadi lebih gaya. Padahal tetap saja, BESI.
  • Chromoly
    Nama Chromoly juga nama lain dari Besi. Tapi rangka sepeda Chromoly lebih enteng satu tingkat dibanding besi karena ada campuran alumunium. Rangka sepeda menggunakan Chromoly juga termasuk murah, dan biasa digunakan untuk banyak sepeda lipat dibawah harga 4 juta rupiah.
  • Alloy
    Sepeda yang berbahan Alloy cukup ringan dan banyak sekali digunakan dibanyak sepeda. Harga sepeda yang menggunakan bahan Alloy ini biasanya berada di rentang 5 – 15 juta, tergantung dari komponen lain.
  • Karbon
    Rangka sepeda paling mahal dan paling ringan. Harga rangka sepedanya saja minimal berada di angka 5 juta dan maksimal bisa menembus harga 100 juta rupiah. Ingat, belum sepeda lengkap. Hanya rangka sepedanya saja.

Apa yang membuat bahan karbon mahal?

Rangka sepeda berbahan karbon dibuat dengan bantuan tangan manusia. Selain bahannya mahal, maka bantuan tangan manusia membuatnya lebih mahal lagi. Selain itu, merek rangka juga jadi alasan mahalnya harga. Biasanya rangka sepeda bermerek selain lokal dan Tiongkok harganya sangat mahal.

Groupset

Komponen lain yang bisa membuat harga sepeda mahal adalah groupset. Komponen groupset terdiri dari sproket (gigi bagian belakang), crankset (semua bagian yang Anda gowes), pemindah gigi depan (Shifter/Brifter), pemindah gigi belakang (Shifter/Brifter), Front Derailer (Alat pemindah rantai di bagian depan – disebut FD) dan Rear Derailer (Alat pemindah rantai di bagian belakang – biasa disebut RD).

Jumlah kecepatan, teknologi yang digunakan, dan bahan yang digunakan biasanya menentukan harga. Jika kita sepeda balap, groupset termahal merek Shimano punya 11 kecepatan, dengan nama model Dura Ace. Harga gropset termahal biasanya lebih dari 20 juta.

Sampai saat ini, hanya ada 3 pemain utama di bidang groupset sepeda, yaitu Shimano (Jepang), SRAM (Amerika), dan Campagnolo (Italia). Selain itu adalah pabrikan Tiongkok yang cukup banyak juga digunakan seperti LTwoo dan Sensah. Lain dari 2 nama tersebut, biasanya produk abal-abal.

Berikut tingkatan groupset Shimano diurut berdasarkan perkiraan harga dan levelnya. Harga di bawah adalah perkiraan harga saat ditulis. Mohon untuk tidak dijadikan rujukan harga. Jika Anda bisa beli dengan harga lebih murah dari yang saya sebut, prestasi buat Anda!

Tipe sepeda Nama model Kecepatan Perkiraan harga
Apapun Tourney 7 1,5jt – 2,5jt
Balap Claris 8 3,5jt – 4,5jt
MTB Altus 7/8/9 2jt – 5jt
Balap Sora 9 4,5jt – 5,5jt
MTB Acera 8/9 5jt – 8,5jt
Balap Tiagra 10 5,5jt – 7jt
MTB Alivio 9 Tidak diketahui 🤦🏻‍♂️
Balap 105 11 8,5jt – 10jt
MTB Deore 12 Tidak diketahui 🤦🏻‍♂️
Balap Ultegra 11 min. 15 juta
MTB SLX 12 min. 8 juta
Balap Dura Ace 11 min. 20 juta
MTB XT 12 min. 12 juta

Jadi dari 2 komponen di atas saja, kita bisa tahu perkiraan harga sepeda balap yang menggunakan bahan karbon dengan groupset Ultegra seperti yang dipunyai oleh Strattos S8. Ya benar, harus lebih dari 20 juta.

Sudah tau kan, kenapa ada sepeda berharga mahal? Padahal tulisan ini hanya mencakup 2 komponen utama saja. Ada lagi komponen lain yang bisa menentukan harga total sepeda.

🤦🏻‍♂️