Olahraga lari, Review Produk

Review 13 kilometer pertama Hoka One One Clifton 7

Karena PPKM, aktifitas bersepeda saya kurangi. Walaupun Malang tidak mengenal PPKM (karena warganya dan pemkotnya gak serius), dan saya bisa saja bersepeda keliling Malang sampai ke Batu, tapi tidak saya kerjakan.

Jadi aktifitas saya berganti jadi lari. Yang sebelumnya seminggu hanya 2 kali, maka sejak PPKM saya bisa sampai 5-6 kali seminggu. Dari sanalah saya mulai mencari-cari sepatu lari pengganti Skechers GoRun Fast, karena sudah lebih dari 500km. Karena sengaja cari, saya akhirnya tahu ada merek sepatu yang lagi naik daun. Kepunyaan Perancis.

Hoka One One.

Bacanya bukan Hoka wan wan, tapi justru Hoka o ne o ne. 😂. Aneh, geli, dan lucu 😁.

Rentang sepatu lari kepunyaan Hoka memang didesain dengan serius. Hampir semua sepatunya cakep-cakep. Dan cuma satu kekurangannya, mahal. Rata-rata sepatu dihargai di atas 1 juta rupiah. Untuk ukuran sepatu, ini termasuk mahal dalam kategori saya sendiri.

Setelah melihat review di banyak kanal Youtube, pilihan saya jatuh ke Hoka Clifton 7 atau Hoka Mach 4. Tapi saya akhirnya memilih Clifton 7 karena perbedaan harganya dengan Mach 4 sampai dengan 400 ribu. Clifton 7 sedang diskon, karena mereka sudah punya keluaran terbaru, Hoka Clifton 8.

Berat Hoka Clifton 7 di ukuran US 11 (atau ukuran 45) adalah 291 gram. Harga yang saya bayar adalah Rp1.619.000, yang saya beli di situs resmi Planet Sport.

Review 10 kilometer pertama

Sepatu datang di malam hari, waktu yang tepat untuk mencobanya di pagi hari keesokan harinya. Ketika mulai melangkah, agak kaget karena ini sepatu keras banget. Jauh beda dengan review yang saya lihat di banyak kanal Youtube. Setelah lebih dari 5km, kaki mulai terbiasa dengan beratnya, tapi tetap saja gak enak dipake.

Selesai berlari, saya jadi bertanya-tanya. Sepatu Hoke Clifton 7 ini mirip-mirip rasanya dibanding 910 Fuuto Accel. Keras, dan berat. Apa mungkin kaki saya yang kebanyakan gaya? Dan kenapa rata-rata review di kanal Youtube bilang sepatu Clifton 7 ini enak dipake, dan begitu juga dengan 910 Fuuto Accel?

Jelas bingung saya.

3 kilometer keeseokan hari

Saya masih penasaran. Keesokan harinya, rencana mau lari ringan dan jauh. Dengan Clifton 7 ini, saya sangat terhambat. Sepatu ini jelas tidak bisa dibawa jauh dan lari ringan. Terasa berat dan keras. Akhirnya memutuskan untuk ambil putaran komplek rumah terdekat, dan mengganti sepatu saya dengan sepatu andalan, Skechers GoRun Fast.

Akhirnya dengan Clifton 7 ini saya menyerah. Di hari kedua, saya pakai hanya 3 kilometer saja. Sepatu ini akan saya pakai untuk jalan kaki saja. Sama sekali gak cocok dengan kaki saya.

Menyesal beli sepatu mahal ini 🤦🏻‍♂️