Jalan-jalan, Tips

Pengalaman naik kereta jarak jauh saat pandemi

Seminggu yang lalu (Oktober 2021), akhirnya memberanikan diri untuk keluar dari Kota Malang. Tujuan saya adalah Jakarta, dengan niat jenguk orang tua yang sudah kira-kira 2 tahun tidak saya lihat langsung dikarenakan pandemi di Indonesia.

Berangkat menggunakan pesawat, dan pulang naik kereta dari Gambir menuju stasiun Malang. Tulisan ini akan membahas bagaimana saya naik kereta saat pandemi.

Berikut beberapa hal yang mungkin bisa membantu Anda sebelum berpergian dengan kereta api.

Datang 2 jam lebih awal dari jadwal

Saat sampai Gambir, langsung saja menuju tempat tes antigen yang bisa diikuti lewat papan penunjuk di sekitar stasiun. Saat mengatre, ada beberapa orang yang sepertinya tidak sabar untuk mendapatkan hasil tes, karena jadwal mereka mepet. Maka dari itu, penting sekali buat Anda untuk datang 2 jam lebih awal.

Mohon diingat, bukan 2 jam lebih awal mulai berangkat ke stasiun, tapi 2 jam lebih awal sampai di stasiun.

Urutan tata cara tes Antigen

Saat sampai di tempat tes, Anda akan disodorkan sebuah kertas kecil, yang nantinya perlu Anda tulis Nama, nomor KTP dan kode booking kereta. Kode booking adalah nomor yang Anda masukkan ke mesin pencetak tiket.

Ada beberapa pena di tempat, kalau tidak salah hitung, ada sekitar 4-5 meja yang disediakan untuk Anda menulis. 1 meja, untuk 1 orang.

Setelah mengisi, pindah ke loket lain dan siapkan uang 45 ribu rupiah perorang (harga saat tulisan ini ditulis, November 2021). Uang Anda akan ditukar dengan alat tes yang terbungkus plastik.

Di loket berikutnya, adalah tempat tes. Dimana orang yang mengetes berada di dalam, dan Anda duduk di bagian luar. Jika tempat itu sedang kosong, langsung saja sodorkan alat tes yang sudah dibayar, dan duduk di loket itu. Hidung Anda akan dikorek-korek beberapa detik, lalu tes selesai. Hati-hati kaget.

Setelah dites, duduklah di tempat yang disediakan. Pengalaman saya, sekitar 10 menit duduk, nama saya dipanggil untuk mengambil hasil tes.

Jika semua lancar, maka semua berjalan seperti biasa. Saat masuk ke peron, semua akan dicek termasuk status vaksinasi, dan surat tes Antigen yang baru saja didapat.

Selamat halan-halan!

Gambar diambil dari Unsplash di https://unsplash.com/photos/aNEaWqVoT0g

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.