Tips

Perbedaan tes Antigen dan PCR

Untuk pertama kalinya, di akhir bulan Oktober 2021, saya tes PCR dikarenakan perlu naik pesawat dari Malang ke Jakarta. Sebelumnya memilih naik pesawat karena tes yang diharuskan hanya Antigen saja untuk yang sudah vaksin 2 kali. Tapi beberapa hari sebelum keberangkatan, ternyata peraturan berubah lagi.

Tes PCR

Harga tes PCR pastinya paling mahal dibandingkan dengan tes lain, karena konon, paling akurat. Karena saya gak punya pengetahuan soal dunia kedokteran dan kesehatan, ya sudah, manut saja.

Jadi saat tes PCR, kedua hidung Anda akan dicolok alat yang lebih tebal sedikit dibandingkan satu buah lidi. Dicolok sampai sangat dalam, sampai Anda merasa gak nyaman sama sekali. Ditambah, setelah alatnya sampai di atas, mba-mba pengetes memutar-mutarkan alatnya.

Rasanya, serrrr… gak enak.

Setelah kedua hidung dicolong, tenggorokan bagian dalam juga dicolok. Sebelah kanan dan kiri. Cukup dalam, sampai Anda juga merasa gak nyaman.

Dan selesai. Hasil tes akan datang setelah kira-kira 7-8 jam. Mungkin bisa lebih, dan saya gak tau kenapa bisa selama itu. Dalam kasus saya, dicolok sekitar jam 10 pagi, lalu hasil tes keluar jam 5 sore.

Hasil tes PCR akan muncul di aplikasi Peduli Lindungi. Dan ini berlaku selama 2×24 jam (berdasarkan peraturan saat Oktober 2021).

Tes Antigen

Sebelum pulang ke Malang, saya juga melakukan tes Antigen di stasiun Gambir. Tata cara tes Antigen di stasiun sudah saya tulis jika Anda mau membacanya.

Jadi karena saya sudah pernah tes PCR sebelumnya, maka tes Antigen gak ada apa-apanya. Saat tes Antigen, hanya hidung Anda yang dicolok. Dan colokannya gak sedalam tes PCR. Masih oke kalau Anda sering mencari-cari sesuatu di hidung Anda 😅. Jika tes Antigen adalah pengalaman pertama Anda, mungkin agak sedikit kaget.

Harga tes Antigen di stasiun adalah 45 ribu rupiah (Oktober 2021), dan diluar stasiun kereta dipatok harganya dibawah 100 ribu. Hasil tes keluar setelah kurang lebih 10-15 menit saja.

Begitulah rasanya dites PCR dan Antigen. Berani mencoba?

Gambar diambil dari https://unsplash.com/photos/oI20ehIGNd4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.