in blog

Joger jelek, Bali bagus

Jogja boleh bangga dengan Dagadu, tapi Bali punya Joger, pabrik kata-kata garing yang berbonus kaos, mug, stiker, atau merchandise lain. Dalam menyusun kata-kata yang membuat kita tersenyum simpul, Joger memang jagonya. Walau terkadang terkesan garing. 

Sebelum masuk pintu, anda akan disambut tulisan-tulisan garing seperti “Ini tembok Joger, bukan tembok Berlin”. Ketika masuk, makin banyak kata-kata garing yang anda temui. Lihat saja di beberapa merchandise kecil, Joger menulis “Milik pabrik kata-kata Joger, Kuta, Balinesia yang tak terpisahkan dari Indonesia. Okay?”. Mungkin seperti Jumat Kumat di ID-Gmail yang punya tagline, GARING adalah FEATURE.

Mr. Joger (yang punya) memang kreatif. Sangat kreatif. Ia menerapkan marketing terbalik. Maksudnya, ketika banyak produsen berlomba-lomba menjunjung tinggi produk mereka lewat iklan-iklan di media cetak atau elektronik, maka Joger berbeda. Dengan jelas, Joger menulis “Joger jelek, Bali bagus, Joger jelek, Bali cantik”. Satu hal lagi, anda tidak diperkenankan untuk membeli banyak. Aku tidak tahu, banyak dalam arti mereka seperti apa. Karena aku tidak menemukan apa arti kata banyak yang dimaksud Joger di kertas-kertas yang menghiasi ruangan.

Yang jelas, wisatawan lokal yang berkunjung ke Bali rasanya tidak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh khas Joger. Sayangnya, Joger hanya buka sampai jam 6 sore WIT. Mungkin tidak menjadi masalah berarti untuk para wisatawan domestik. Mereka berlibur di Bali, tidak seperti aku, bekerja! Hehehe…

Produk teraneh di Joger, adalah Jam mundur. Katanya, dibuat khusus untuk orang-orang yang berpikiran maju. Harganya tidak terlalu mahal, dengan 65 ribu rupiah, anda bisa mendapatkan satu jam dinding yang berjalan mundur. Sungguh sebuah terobosan yang gila dan nyeleneh!

Untuk menangkal serangan maling, Joger juga punya kata-kata seperti “Dilarang maling!, karena TUHAN, kan ada di mana-mana!” yang disertakan dalam tiap produk. Entah, kata-kata itu berkhasiat apa tidak.

Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi Joger jika pergi ke Bali. Karena belanja tidak belanja, tetap thank you. Begitu tagline yang diusung Joger. Jika tidak punya cukup uang untuk berbelanja, berburu stiker saja sudah cukup murah. 

142 Comments

  1. “orang kikir belinya baju palsu tapi orang miskin belinya asli”

    “manusia tak ada yang abadi…..yang abadi hanyalah yang disana….maka nikamatilah hidup,karna hidup cuma DUA KALI”

    q g hbis pikir kata-kata mr joger..walaupun kata kitab kamasutra mr.joger bukan orang indonesia tapi aq salut dia bisa merangkai kata-kata indonesia dengan baik dan gokilllllllllllll

  2. kuuuuurang ajar….!!!! duit gue jebol belanja dijoger,,mana tempatnya kecil panas lagiii.gedein dikit donk,,trus kasih stiker yang gede,,biar tambah peminat..hehehehe

  3. emang bali n jogja aja yg punya kaos….Bogor juga punya dong..
    namanya B’laho (Bogor Langsung Hot)
    tersedia merchandise t-shirt, pin, mug yang bertemakan bogor. bagus banget buat kenang-kenangan.
    jadi jangan pernah bilang ke Bogor kalo ga bawa B’laho.

  4. alooo Mr.Joger tingkatin terus yah kreasi kata kata nya jngn ampe bikin orng bosen yah

  5. model bajunya jgn cuman maen kt dunk…!!!!tp jg maen model dunk…!!!!!oKeyyyy….!!!

  6. saya ingin ke bali lagi bali buat saya punya kenangan yang tak pernah ku lupakan…

  7. Kualitasnya bagusssss
    Harga menawan
    Cuman designnya gak merata di semua ukuran. Ada design yg bagus tapi ukuran kegedean..jadinya musti milih yg sesuai ukuran aja deh..hik hik..
    trus 1 lagi, musti expand tempat kali ya, bikin 2 lantai gitu, biar gk sumpek2 amat.
    Ke Bali tanpa ke Joger, gk enak lah yauuww
    Sukses terus Joger.. dunia membutuhkanmu.

  8. Eh Aku bisa minta alamat e-mail pemilik joger ga?coz aku mau ngadain visit company ke joger yang serangkaian dengan Tour ke Bali yg akan diadain bulan November nnt. Tolong ya kirim ke E-mailku
    Thx bgt

  9. minta alamat email joger dong,tlng kirim k almt emailku dong,makasih

  10. wah….JOGER tuh emang tempat yang pas buat buang “pipis”….
    harga2 di sana tuh gak ada yang g’ mahal…ukurannya pun jumbo2,jd susah mw cari yg pas..itu mah ukuran bule semua…~_~
    ada jg sih yang kecil tp itu untuk “rakyat kecil”
    wktu aq ksna tempatnya g’ teratur,msa bjunya dicampur2 kya es cendol gt…jd sulit wktu mw milih..mna desak2n gt lg….

  11. BALI……!!!!!!!!!!!!!! JOGEEERRRR!!!!!!!!!! I LOVE YOU!!!!!!!! KALO DAOAT BARANG DARI JOGER, LIMA PULUH TAHUN GAK BAKAL RUSAK!!!!!!
    JOGEEERR!!!! I LOVE YOU SO MUCH!!! JOGEEERRR!!!!! I’LL COMING BACK!!!! WAIT FOR ME!!!!

  12. joger??? kaya dagadu di jogja. walaupun aku suka kata2nya tapi aku belum pernah beli sepotong pun hehee….

  13. kata-kata garing Joger belakangan kurang kerasa banget… udah gitu jalan depan joger macetnya bukan main, ampun orang mau jalan-jalan pun jadi sungkan padahal bali is my hometown

  14. joger emg kreatif bgt.tapi kasirnya bikin emosi,ngitungnya lama buangggeeet.padahal pke komputer.tapi “leletnya” minta ampun!!!!di sengaja tuch!!!!

  15. Walau uang terbatas, kalo dah belanja di joger lopa isi kantong..

  16. Nanti bulan mei aku ke Jogger. Aku banyak inpirasi dari Joger.terutama kata-kata beli tidak beli tetap thanks you .Namun sayang harga barang naik Harga Jogger tak pernah turun.

  17. joger is the best….
    tp g enake gtu c,,
    yg bli buaaaaaaaaaaaanyk banget,tp tempate kurang luas…..
    trus,klo mw byr jg antreeny kaya mo mnt sembako..
    tp puas jg c,,
    pokokny JOGER IS THE BEST LAh…..
    SUXES yaaaaaaaaaaa

  18. ahh…. sebenernya yg beli cuma pengen semua orang tau aja..klo udh pernah ke BALI, secara joger cuma ada di BALI…
    Masih buanyak produk kata-kata macem itu… BIASA aja tuh

  19. joger,joger….
    bagus,sih
    tapi antriannya
    panjaaaaaaaaaaaaaang banget
    kaya antri BLT

  20. JAger JELEK ANTo gaNTENG…
    wekakakakak…
    kiding!!

  21. pertama x gw ke bali,sumpah joger keren abiz.. wlpn terbilang mahal tapi kwlitasnya bagus bgt n g bakal ngecewain dech.. pkoknya klo km k bali jgn lupa beli oleh2 d joger.

  22. boleh dunkz minta daftar produk plus pricelistnya………………..

  23. Halo om joger.. Sy dr H125C (honda125community)purwakarta ne.. Rencana mo touring ke bali, bisa nggk pesen kaos jogr tp ada coment ttg H125Cnya, klw blh brapa/pcs nya & minim pesennya brapa?

  24. joger ajiebbbbbbbbb bet dah..maw ksana lagi eui…kwrendddd…sangad…luv u joger..muach…

  25. bLn AgZtZ 2008 qW k j0geR…….
    dZn rAm3 b9tD,
    bRng’na b9uZ2 ZiCh,
    tP cYnk’na mHl2…………

  26. Wauw…..!mw Beli Joger…^^ tp kemahalan beaya transportnyae!!!
    andaikan ajah…..!!!!ad pesawat joger???
    wakakakaka…
    pasti keren n murah!!!!
    buatin pesawat joger donk bunk!!!!

  27. halo joger ken-ken kabare? JOGER memang asik. yang buat aku kesemsem kata2 di kaose. kalo bisa joger bikin kata2 yang lebih erotis okeeeeeeeeeeeeeeeeee

  28. helo joger.hebat ya you nama joger bisa masuk suluruh hati wisata yang masuk ke bali. terutama aku.gue suka banget dengan kata2 nya. good luck joger. buat anak2 yang krja di MERPATI TRANSPORT MINGGU KE JOGER OKE

  29. boz saya mau pesen kaos jogger bisa ga ya?
    kalo bisa caranya gmn?
    plz ya boz..
    bals ya..
    maksh..

  30. joger dpt saingan nih, kroja sing bawor pisan, enteni bae kaose ya Bro…

  31. Joger SIIIIP bgt… Aku pengen buka usaha jual JOGER… kalo bisa jadi semacam mitra kerjalah….
    Gmn Mr. JOGER,… bisa kan???

  32. joger apik wes to
    TAPI……..
    sayang
    MAHAL
    M-A-H-A-L…..
    tapi so far…
    seru bgt msk joger…
    tp joger krg promosi ni…
    klo kel. q mau kesana….
    susah cari jalan….
    q uda 5x ke bali br 1x ke joger
    itu aja ikut tour sekolah…

  33. jOgER…manK bAGus BANGET!!!!!
    G’ da KAta2 LAen SLaen BAguS!!!
    gW juGA SAlah SAtu PeNyuKA jOgER!!

  34. Mnrt gw, JOGER tu hrgnya ga mahal bgt koq, masih wajar lah. apalagi selain bl barangnya, qta kan jg bl “ide” (tulisan2nya). emg kl “ide” mau dikasih hrg murah??Enggak kaliiiiii….
    JOGER is the best!!

Comments are closed.